Sosok Rusmini, Kader Stunting yang Peduli di Hari Gizi dan Makanan 2021



Kader Pembangunan Masyarakat(KPM) di bidang stunting di Desa Harapan Baru, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, sosok Rusmini agak luput dari keramaian, wanita tangguh yang peduli ini menjalani tugasnya sebagai Kader yang gajinya bisa dihitung belum setimpal dari tugas yang dijalani.


Berbekal pengalaman dan peralatan seadanya serta transportasi kendaraan sepeda motor Rusmini menjajaki warga yang berkaitan dengan kesehatan khususnya Ibu, calon bayi dan bayi, memastikan kesehatan semuanya dalam keadaan baik sesuai standar kesehatan.


Berkeliling desa mendata beberapa pasien untuk mencegah terjadinya gagal tumbuh (stunting) di Desa Harapan Baru, kesemua data tersebut terkumpul menjadi data terpadu, karena upaya pencegahan lebih mudah dari pada mengobati.


Bagi Rusmini memperingati hari gizi dan makanan sangat penting, karna mengingatkan kepada kita akan pentingnya makanan bergizi bagi tubuh kita.


Asupan makanan seimbang berpengaruh besar bagi kesehatan kita. Terutama bagi 1.000  HPK (Hari Pertama Kehidupan) yang tidak boleh dilewatkan atau anggap sepele.


Bagi Ibu hamil dan bayi, karena di masa usia kehamilan sampai bayi berumur 2 tahun Rusmini berpesan diusia itulah kita harus memenuhi asupan gizi yang cukup. Makan makanan bergizi dan memberikan hanya ASI saja dari usia bayi baru lahir sampai usia 6 bulan.


Sebagai Kader yang bergelut dalam dunia kesehatan serta keterbatasan fasilitas, Rusmini mendedikasikan kemampuannya yang didukung penuh oleh pemerintah Desa Harapan Baru yang kedepan berharap menjadi lebih baik lagi.


Berharap untuk yang akan datang, ada seorang ahli gizi yang mau membimbing dan memberi arahan tentang makanan yang baik buat ibu hamil dan balita di Desa Harapan Baru.

Pages