BLT DD 2021? Berikut Penjelasan Pemdes Harapan Baru



Desa Harapan Baru Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis membahas tentang kelanjutan Program Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD) 2021 dalam upaya penanganan dampak ekonomi akibat Pandemi Covid-19. 


Musyawarah Desa Khusus membahas tentang perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Desa 2021 dilaksanakan diaula kantor Desa Harapan Baru (Selasa, 26/1).


Kegiatan Musdesus yang tetap mengedepankan protokol kesehatan tersebut dihadiri Kepala Desa, Sekretaris Desa, Sekretaris BPD, Kadus, RW, RT, LPM serta para Pendamping Desa.


Sekretaris Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Firidho Azhar T. Kaban S.Pd.I memimpin Musyawarah yang membahas tentang kelanjutan program BLT-DD, dinamika tanya jawab serta pendapat cair dalam musyawarah. "Efesiensi anggaran Desa dengan tidak bertentangan terhadap regulasi" ungkap Ridho.


Sementara Pendamping Lokal Desa Heri Farnedi menjelaskan "Acuan dalam penyaluran BLT-DD 2021 adalah PERMENDESPDT 17 tahun 2020 tentang percepatan penggunaan DD 2021, jumlah penerima bisa dikurangi atau ditambah namun besaran anggaran yang masing-masing KPM (Keluarga Penerima Manfaat) terima adalah Rp. 300.000/bulan selama 12 bulan (1 tahun).


Sesuai dengan hasil musyawarah, Kades Tarmin menyampaikan pendapat yang kesemua peserta setujui, dalam rangka efesiensi serta keberlanjutan program Desa dari DD maka masing-masing RT mendapat kuota sebanyak 3 KPM yang akan menerima "Biar adil dan merata kita akan kurangi jumlah KPM nya menjadi 78 ditahun 2021" 


KPM yang dianggap sudah mampu dan ekonominya membaik di tahun 2021 akan dihentikan bantuan tersebut, RT akan mendata ulang sebanyak 3 orang dari wilayah kerjanya. "Yang sebelumnya KPM 147 menjadi 78 ditahun 2021 ini" ungkap Kades Tarmin. 


"Semoga masyarakat bisa menerima kebijakan ini, kita sebagai RT, RW, BPD serta lainnya bisa memberikan pemahaman kepada Masyarakat bahwa keterbatasan Anggaran yang haruskan kita mengurangi kuota dan melanjutkan pembangunan lainnya di Desa ini" Harap Kades Tarmin.

Pages